memulai bisnis kuliner online

Tips Menjalankan Bisnis Kuliner Agar Bertahan

Tips menjalankan bisnis kuliner online agar bertahan – Sedang mencari metode terbaik dalam usaha memasak saat ini?

Bila ya maka sebaiknya kamu tetap di artikel ini dan simak sebaik-baiknya seluruh pembahasan yang ada, seperti kita ketahui kuliner saat ini bukanlah hanya sekedar makanan pokok saja, melainkan gaya hidup dan trend disemua kalangan.

Orang-orang banyak yang berburu makanan tidak hanya sekedar makan dan masuk keperut. Sering diantaranya bahkan sekedar hanya mencicipi, menuliskan dimedia sosial, bahkan melakukan video di youtube agar trending.

Tips Menjalankan Usaha Masakan Agar Bertahan

Namun sebelum kita lihat apa tips menjalankan bisnis kuliner agar dapat bertahan ditengah banyaknya pebisnis serupa kala ini, sebaiknya pahami pula kenapa sih harus memilih usaha masakan? Simak selengkapnya dibawah ini ya secara online maupun rumahan.

Baca Juga : IDE BISNIS MODAL MINIM

bisnis kuliner adalah

Kenapa Memilih Menjalankan Bisnis Kuliner?

Bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang pasti dapat mampu bertahan meskipun saat banyaknya gempuran dan juga tren dari luar negeri baik secara online maupun rumahan.

Bagaimana caranya? Dengan makanan yang berkualitas dan minuman yang nikmat kamu sajikan pastinya akan selalu membuat orang menikmati dan mengenangnya. Namun, di luar dari sisi kualitas yang baik, bisnis usaha kuliner akan tetap menjadi salah satu usaha yang menggiurkan dan menarik.

Makanya bagi kalian yang mungkin masih meragukan akan keuntungan dari menjalankan bisnis kuliner, dibawah ini akan ada kami ulas alasannya mengapa usaha makanan ini cukup menjanjikan ditahun ini.

  • Lebih sederhana

Berbeda dengan bisnis lainnya, usaha memasak masih cenderung sederhana. Anda hanya perlu memasak dan menjual ‘rasa’.

Jika Anda tidak tahu cara memasak, Anda bisa membeli resep dari orang-orang yang telah berpengalaman dan kemudian mempekerjakan seseorang yang bisa memasak.

Oleh karena itu, Anda hanya perlu berfokus pada hal yang mungkin lebih besar, misalnya untuk mengelola pemasaran dan keuangan agar bisa bertahan lama ditahun ini dan akan datang.

  • Dapat dikembangkan menjadi waralaba

Bisnis memasak merupakan salah satu usaha yang sering beralih fungsi menjadi waralaba. Lihat saja saat ini berbagai restoran kuliner cepat saji sering berasal dari satu kota, dan rumah makan ini bisa berkembang diberbagai tempat di seluruh dunia melalui tips agar berhasil sukses.

Anda juga mungkin masa kini bisa melihat berbagai macam makanan sederhana contohnya saja gerobak pinggir jalan, kini ada ribuan stan identik yang ada di seluruh Indonesia. Dengan membuka franchise, Anda mungkin akan mendapatkan penghasilan yang lebih besar dengan modal seadanya.

  • Semua orang butuh makan

Selain tempat tinggal dan sandang, pangan juga termasuk dalam kebutuhan pokok manusia. Namun masa kini, pangan itu sendiri telah berkembang menjadi lebih dari sekedar kebutuhan.

Makanan telah berkembang menjadi budaya pada masyarakat. Banyak orang hidup dengan makan daripada yang lain.

Wajar saja karena saat ini ada jutaan budaya kuliner di dunia ini yang layak untuk dijelajahi. Maka dari itu, jika bisnis kuliner Anda memiliki ciri khas tersendiri pasti akan banyak orang yang akan menjadi pelanggan setia Anda memesan secara online.

  • Mudah beradaptasi

Menjalankan trend pangan akan terus berkembang seiring waktu. Kamu haruslah bisa beradaptasi dengan pekerjaan Anda sebagai pemilik dari bisnis kuliner kekinian.

Sukurnya, Menjalankan Bisnis masakan saat ini sangat mudah dimodifikasi. Sehingga kegiatan memasak ini menjadi salah satu usaha paling fleksibel dan selalu mengikuti perkembangan zaman.

Meskipun banyak alasan mengapa bisnis kuliner harus dipilih dan akan selalu menjanjikan serta bertahan di tahun ini namun ulasan diatas adalah point utamanya diantara banyak kemungkinan diantara usaha yang lain.

memulai bisnis kuliner online

Tips Menjalankan Bisnis Kuliner agar bertahan

Lalu bagi kamu yang memiliki rencana untuk menggeluti usaha masakan tahun ini disini kami akan memberikan beberapa tips dari DD menjalankan bisnis kuliner kekinian agar dapat bertahan dan sukses sepanjang masa baik secara online maupun rumahan.

  • Mulailah lakukan Suvei atau Penelitian

Saat ini sedang booming usaha makanan berupa kafe, warung, food terraces, bahkan restoran cepat saji. Persaingan yang ketat saat ini menjadi salah satu alasan untuk terus melakukan penelitian sebelum memulai bisnis kuliner rumahan di tahun 2020.

Ada banyak keuntungan saat melakukan riset, salah satunya adalah kamu bisa menentukan target penjualan, mengidentifikasi risiko dan pesaing terkuat untuk dianalisa.

Sangat penting untuk mengetahui pesaing terkuat, tujuannya untuk selalu meningkatkan volume usaha dan serta menjamin loyalitas pelanggan.

  • Coba Hitung modal yang diperlukan dalam Menjalankan Bisnis Kuliner

Seperti kegiatan lainnya, tentu dibutuhkan modal untuk mengembangkan bisnis memasak. Skala usaha yang ingin Anda mulai akan menentukan besarnya modal yang harus Anda persiapkan.

Tentunya jika berencana ingin terjun langsung di industri katering membutuhkan modal yang tidak sedikit dibanding memutuskan untuk membangun warung makan sederhana.

Jika suatu saat kamu kekurangan dana, Anda selalu dapat melalukan peminjaman dari koperasi, bank, atau beberapa penyedia layanan pinjaman.

Namun, Anda perlu mempertimbangkan pro dan kontra pinjaman dana. DD Menyarankan sebaiknya mulai usaha memasak skala kecil dulu. Jangan sembronoh deh.

Misalnya dengan berjualan snack seperti French fries atau bahkan gorengan. Tapi ingat, ketika Anda memulai dalam menjalankan bisnis kulinermu , jangan langsung menghabiskan keuntungan yang Anda raih. Biarkan keuntungan ini sebagai kebutuhan belanja modal dan memperbesar scala penjualan secara online.

  • Menentukan menjalankan bisnis kuliner yang mana

Bisnis memasak adalah usaha yang sangat luas. Pasalnya di Indonesia sendiri, berbagai kegiatan kuliner serupa yang menjual berbagai masakan dari berbagai daerah bahkan masakan internasional sedang marak.

Untuk ini, sebaiknya tentukan dulu jenis makanan apa sih yang akan Anda jual. Apakah Anda berencana menjual makanan ke luar negeri juga ataukah hanya lokal? Atau, Anda akan menjual pangan utama atau sekadar snack ringan.

  • Tips Memperhitungkan lokasi Tempat Menjalankan agar Bertahan

Untuk industri kuliner, lokasi tentu menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan. Karena jika lokasi yang Anda pilih terlalu jauh, biasanya lebih sedikit orang yang dapat mengetahui bisnis Anda.

Kecuali bilamana itulah konsep dari usaha Anda. Namun perlu diingat, jika memang ingin membangun bisnis memasak jarak jauh, Anda harus melakukan penelitian serta aktivitas pemasaran yang intensif.

Jangan kamu kira akan dapat berhasil seperti halnya bisnis kuliner yang telah berjalan lama, meskipun lokasi dipelosok dan terpencil atau bahkan dirumahan atau online. Tetap saja diburu oleh karena citarasanya.

  • Carilah supplier yang Berkualitas

Tentunya kamu perlu pula menyediakan bahan baku dasar agar bisa diolah menjadi produk jadi. Untuk itu, Anda membutuhkan supplier yang dapat menyediakan bahan baku yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Bagi para pebisnis pemula, mungkin bisa melakukannya sendiri dengan berbelanja di pasar tradisional. Namun, jika usaha milikmu semakin membesar, Anda dapat membeli langsung dari pemasok atau produsen besar yang sanggup menyediakan seluruh kebutuhan setiap harinya.

Seperti contoh restoran berbintang, Anda bisa saja langsung mendapatkan bahan-bahan terbaik yang ada di pasaran dengan mencapai kesepakatan dengan pemasok, Anda tetap dapat membayar di akhir waktu. Tentu saja, jika pihak kedua setuju dan akhirnya memberi kesempatan dalam teknik pengumpulan modal.

  • Rasa adalah Point Utama dalam Tips Menjalankan Bisnis Kuliner agar bertahan

Selain masalah teknis, cita rasa menu yang Anda sediakan juga penting loh. Karena pada akhirnya, rasa inilah yang membuat orang kembali ke tempat Anda lagi dan seterusnya.

Jika Anda hanya menyediakan makanan di rumahan dengan cita rasa biasa, meskipun dengan lokasi strategis, bisnis kuliner kamu biasanya tidak akan bertahan lama.

Jika memang ingin membangun bisnis kuliner yang menguntungkan, maka perhatikan baik-baik kualitas rasanya. Anda bisa mencobanya dengan orang terdekat Anda untuk menemukan menu yang cocok untuk orang Indonesia.

  • Mencari target pasar bisnis Menjalankan kuliner

Target pasarnya akan sangat mempengaruhi bisnis kuliner yang akan kalian mulai. Tentunya, jika target penjualan anda adalah kalangan menengah ke atas, Anda tidak mungkin cukup hanya bisa memasak makanan di rumah, mungkin lebih baik menyediakan pilihan yang lebih variatif.

Ini juga berkaitan dengan teknik cara belanja modal yang akan kamu keluarkan di masa akan datang. Jika hanya menyasar kelas menengah ke bawah, belanja modal tentu akan menjadi lebih sedikit.

Oleh karenanya, sangat penting untuk menentukan dan menjalankan target pasar bagi usaha kecil. Riset pasar akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis kuliner di tahun 2020.

  • Pilihlah Tenaga Berkompeten

Meskipun sebenarnya bergantung pada bisnis memasak tempat Anda lakukan. Jika Anda ingin membuka restoran, maka Anda pasti membutuhkan staf yang berkompeten demi menjaga kualitas.

Dengan memiliki tenaga berkompeten tentunya sangat cocok dalam membantu menyiapkan makanan yang berkualitas, misalnya sebagai pelayan, kasir, pencuci piring dan lain sebagainya.

Jika hanya ingin mendirikan warung makan sederhana, maka memang tidak perlu ada tenaga tambahan untuk dihadirkan. Hanya saja, jika mempekerjakan satu atau dua orang tentu saja beban kerja yang anda tanggung akan lebih berkurang.

  • Buatlah Ciri khas dalam Tips Menjalankan bisnis kuliner online.

Saat ini, bisnis memasak merupakan usaha yang menjanjikan. Oleh karena itu, wajar jika banyak pebisnis yang terjun dalam industri ini.

Bila kamu adalah salah satu dari pebisnis itu, tanyakan pada diri Anda terlebih dahulu, apa yang menjadi perbedaan usaha Anda dengan kuliner lainnya?

Beberapa orang mungkin menyebutnya sebagai penentu, namun nyatanya hal itu sangat diperlukan agar konsumen bisa menjalin hubungan yang kuat dengan bisnis kuliner Anda di rumahan.

Misalnya, Anda dapat mendirikan toko mie ayam yang dapat menambah jumlah mie berapa pun, atau Anda dapat melakukan chalange guna menyelesaikan makanan tertentu dengan porsi besar dalam waktu yang ditentukan / singkat.

Meskipun jarang dilakukan, namun dengan ciri khas yang kamu miliki biasanya  orang-orang akan membicarakan tempat anda, dapet promosi gratis deh hehe.

  • Share di Media sosial

Di era digital saat ini, media sosial tentu sudah menjadi syarat wajib untuk berbisnis. Dan terkhususnya pada bisnis memasak.

Karena hanya dengan bantuan media sosial Anda dapat menjalankan usaha yang menarik dan lebih tentu lebih banyak konsumen potensial yang mengetahui tanpa mengeluarkan jutaan rupiah untuk iklan.

Anda bisa menggunakan Facebook, Instagram, atau Twitter. Ketiganya masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

  • Melakukan promosi Berkala

Saat memulai bisnis memasak sendiri, tentunya akan ada fase yang ramai dan sepi. Pada saat ini, sebaiknya Anda lebih aktif dalam melakukan kegiatan promosi guna menarik minat pembeli kembali ke usaha milikmu.

Promosinya juga dapat beda-beda, beli satu gratis satu, diskon, voucher, atau promosi paket dan lain sebagainya. Namun selalu lakukan perhitungan dulu dengan cermat. Dengan cara ini kamu tidak akan mengalami kegagalan di masa depan.

  • Tips Menjalankan Bisnis Kuliner dengan Legalitas Usaha

Indonesia adalah negara hukum. Dimana artinya, segala sesuatu yang dilakukan warganya haruslah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Termasuk pula dalam hal kewirausahaan. Lisensi juga diperlukan dalam memulai bisnis agar dipercaya pelanggan.

Sasaran pemerintah sejatinya adalah memastikan bahwa bisnis milikmu legal, dan tidak terlibat dalam industri ilegal, dan lebih bertanggung jawab.

Pastikan untuk pergi ke kantor perizinan di daerah Anda masing-masing guna mendapatkan izin usaha kuliner Anda, lebih cepat lebih baik!!

Jika bisnis Anda semakin besar, maka jika orang Indonesia yang mayoritas beragama muslim menjadi target pasar utamamu, maka jangan lupa untuk menjaga NPWP dan sertifikasi halal dari MUI terhadap usaha Anda. Dengan cara ini tidak akan ada masalah kedepannya.

  • Konsumen adalah RAJA

Ada sebuah motto yang biasanya berlaku pada restoran prancis “konsumennya adalah rajanya” Suka atau tidak suka, pelanggan akan selalu ada saja yang mengeluh tentang makanan kamu sajikan.

Betapapun menariknya dan lezatnya, saat mereka membicarakan bisnis Anda, akan selalu ada kata “tetapi”. Misalnya makanannya enak, tapi pelayanannya lama, atau rasanya enak, tapi harganya cukup mahal untuk itulah dibutuhkan Tips Menjalankan Bisnis Kuliner yang tepat.

Keluhan tersebut bisa Anda tanggapi melalui pelayanan yang ramah dan senyum lebar. Bentuk pelayanan ini terlihat dari frekuensi sapaan yang tulus, mimik wajah yang kalian kirim kepada konsumen serta cara penanganan keluhan konsumen.

Jangan sampai Anda atau pelayan Anda menanggapi dengan emosi, tanpa tersenyum, atau malah marah ketika pelanggan mengeluh.

  • Jangan Sulit Dijangkau

Kenyamanan konsumen tidak hanya berkaitan di mana bisnis memasak kamu dirikan, tetapi juga konsumen digital yang dapat dengan mudah terhubung dengan usaha milikmu.

Di era digital sekarang ini, masyarakat lebih cenderung menemukan informasi sendiri dengan menjelajahi Internet. Jika ingin bisnis makanan lebih mudah dikenal oleh lebih banyak orang, silakan daftarkan usaha Anda melalui Google Businnes agar sukses menjalankan tips bisnis kuliner.

Anda juga bisa bekerjasama dengan layanan aplikasi pengantaran ojek online seperti GO-JEK dan Grab. Pasalnya, saat ini semakin banyak pula orang yang menggunakan jasa aplikasi tersebut untuk membeli dan memesan makanan daripada langsung pergi ke tempat makan, terutama saat males gerak mode hihii.

  • Evaluasi Bisnis kuliner Agar Bertahan

Menjalankan sebuah usaha makanan tanpa melakukan evaluasi sama halnya dengan berjalan tanpa tahu arah. Anda akan dapat tersesat, tanpa mengetahui langkah apa yang seharusnya diambil.

Jangan ragu untuk meminta orang lain mengkritik diri sendiri ketika sedang evaluasi. Sebab, itu adalah langkah penting yang bisa menjamin kelanggengan bisnis kuliner Anda.

Jika Anda tidak melakukan penilaian, maka biasanya kamu tidak akan tahu apa yang salah dan menjadi kekurangan dalam usaha kamu jalankan.

Jika ya, bagaimana bisa sukses? Jika hasil evaluasi menunjukkan bahwa strategi yang Anda gunakan terbukti tidak efektif dan efisien, jangan ragu untuk memeriksa strategi bisnis Anda secara menyeluruh dan melakukan inovasi bisnis.

  • Mengatur Pengeluaran Anda

Pada dasarnya bisnis adalah suatu kegiatan yang mencari keuntungan dari perbedaan pengeluaran dan pendapatan. Jika kamu melakukan pengeluarkan lebih banyak, usaha apapun biasanya tidak akan bertahan lama.

Menghabiskan terlalu banyak modal sejak awal dapat pastinya akan membebani bisnis kuliner milikmu. Sebagai contoh, beberapa usaha memasak gagal karena kesalahan biaya manajemen yang asal-asalan.

Apalagi masakan rumahan yang mungkin tidak memiliki sumber dana besar. Oleh karena itu, yang terbaik adalah membedakan mana penghasilan bisnis Anda dan mana uang pribadi milikmu. Banyak kegagalan usaha hanya karena pebisnis sering menggerogoti uang yang dari perusahaan.

Dengan memahami dan menjalankan tips Bisnis Kuliner di atas, Anda dapat memulai usaha memasak dengan lebih mudah dan percaya diri.

Ingatlah, apa pun bisnis yang ingin kamu jalankan, jangan ragu untuk selalu berinovasi. Karena jika Anda tidak memiliki inovasi, maka Anda akan jatuh ke pusaran kejenuhan. Tetap bekerja keras dan semoga berhasil!

bisnis kuliner kekinian

Tips mempertahankan bisnis kuliner

Baca Juga : Bisnis Sampingan Bagi Pegawai dan Karyawan

Saat kalian ingin Menjalankan bisnis kuliner rumahan agar Bertahan tahun ini memang tak dapat hanya sekadar ikutan atau istilahnya panas-panas eek ayam. Tentu membutuhkan tips yang jitu dalam melakukannya

Kalian juga harus dapat mengerti betul bagaimana sih cara agar usaha kuliner yang kamu jalankan dapat bertahan dalam jangka waktu lama. Bahkan Kalau bisa bisnis milikmu dapat diturunkan sampai ke anak cucu dan cicit.

Supaya bisnis kuliner yang sedang kamu jalani bertahan terus, DD akan memberikan tips mukhtahir bagi kalian semua. Dalam menjalankan usaha kuliner agar bertahan ditahun ini. Yokk di simak saja ya!!

  • Komitmen dan Konsisten

Saat Anda ingin memulai bisnis memasak, apa sih sebenarnya niatmu? Apakah kira-kira akan ada keuntungan besar? Atau mungkin ada cabang di mana-mana? Atau mungkin ada niat lain? Jika hanya mempertimbangkan hal ini, maka bersiaplah usaha kuliner Anda akan bermasalah dibelakangan hari.

Ini karena Anda mungkin terlalu fokus pada hasil akhir atau kesuksesan kedepan tanpa memperhatikan proses pencapaiannya.

Alasannya adalah kesuksesan atau keberhasilan adalah sesuatu yang mungkin selalu dan sering dipikirkan dan selalu diinginkan oleh Anda saat memulai bisnis.

Oleh karena itu, maksud yang harus kamu pertimbangkan ketika memulai bisnis memasak adalah berapa lama usaha yang kalian geluti saat ini akan bertahan sehingga bisa diwariskan kepada anak cucu Anda kelak.

  • Membangun inovasi Terbaru

Di dunia yang berkembang pesat kala ini, inovasi sangat penting demi kemajuan usaha. Jika Anda tidak bisa berinovasi, bersiaplah untuk tertinggal jauh. Ini juga tentunya berlaku di industri memasak. Anda juga harus dituntut lebih berinovatif dalam lingkungan keseharian.

Inovasi tidak hanya dari segi rasa, tapi juga cara penyambutan tamu atau konsumen. Kamu diminta agar lebih peka dalam memahami situasi dan kondisi konsumen. Salah satunya adalah pemanfaatan internet dan perkembangan teknologi.

Sekalipun Anda membuka usaha memasak tradisional, jangan merasa kaku dengan model bisnis restoran modern dan kekinian.

Ini adalah teknik dan tips yang bisa kamu gunakan untuk mempertahankan dan menjalankan bisnis kuliner agar bertahan meskipun di rumahan. Dibandingkan dengan startup, biasanya menjaga kepercayaan jauh lebih sulit.

  • Kualitas Rasa Menjadi Prioritas

Keunggulan utama bisnis kuliner adalah cita rasa makanan dan minuman yang disajikan. Anda harus memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari restoran lain. Oleh karena itu, semakin banyak orang akan datang ke rumahan Anda.

Selain itu, Anda harus bisa menjaga konsistensi rasa dan kualitas masakan setiap hari. Hal ini sangat penting untuk menjaga dan mencegah konsumen berpindah ke restoran para pesaing lainnya yang juga menawarkan menu yang sama.

Mungkin ini cukup sulit, terutama bila saja koki yang mungkin terus berganti. Karena meskipun juru masaknya sama, bisa saja rasanya berbeda. Apalagi kalau pemasaknya berbeda, rasa akan berganti pada lidah konsumen anda.

Oleh karena itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika Anda bisa menjaga kedekatan dengan keluarga, maka chef Anda akan mampu bertahan dan menjaga kualitas masakannya.

  • Jadilah Pemimpin bukan BOSS!!

Jika Anda sudah memiliki kemauan yang kuat, yang harus Anda lakukan adalah memiliki manajemen yang baik, terutama untuk sumber daya manusia atau karyawan yang terlibat dalam pekerjaan perusahaan.

Bangun hubungan yang intim dengan mereka. Dengan cara ini, satu atau lebih karyawan Anda akan antusias dengan pekerjaannya dan berimbas kepada semangat tim yang baik. Ini tentunya akan sangat mempengaruhi bisnis yang Anda geluti saat ini dan kedepannya.

Bahkan, karyawan mungkin bisa melakukan rotasi atau shifting. Yang akan memberikan waktu bagi karyawan agar lebih segar dan bugar. .

Kerja tim dengan karyawan ini sangatlah penting. Karena apa yang akan mereka lakukan tentu berdampak pada keuntungkan bisnis Anda. Jika tidak, jangan heran jika bisnis Anda tidak berkembang bahkan serasa tidak ada kenyamanan dalam lingkungan.

AKHIR KATA

Semoga Pembahasan diatas berguna dan bermanfaat bagi kamu para pebisnis dimasa kini yang selalu mencari tahu perkembangan dan tips yang terbaru.

Selalu perbaharui diri guna menjaga kualitas agar lebih baik kedepannya, kalian dapat membagikan tips menjalankan bisnis kuliner rumahan agar bertahan ini kepada teman, kerabat, sanak saudara atau ke media sosial milikmu guna memberikan semangat baru ke DD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

15 Cara Bisnis Properti Dari Awal Tanpa Modal

Table of Contents Cara Bisnis Properti Dari Awal Tanpa Modal Pasti SuksesStart…

15 Pilihan Terbaik Usaha Kecil Menengah yang akan sukses

15 Pilihan Usaha Kecil Menengah yang akan sukses Usaha Kecil Menengah –…

Ide Bisnis Terbaik saat NewNormal 2020

Table of Contents Ide Bisnis Terbaru saat NewNormal 2020Optimalisasi Masa NewNormalOnline Courses/Guru…

Point Penting Memulai Bisnis Frozen Food

Table of Contents Point Penting Bisnis Frozen Food Yang tepatBisnis Frozen Food…