Contoh Usaha Kecil Menengah Terbaik dan Mudah

15 Pilihan Usaha Kecil Menengah yang akan sukses

Usaha Kecil Menengah – Bisnis saat ini telah menjadi trend dan sebuah kegemaran terhadap masyarakat indonesia saat ini, sering kali kendala utama seseorang yang berniat menjalankan bisnis adalah MODAL, banyak yang beranggapan dalam menjalankan sebuah usaha haruslah memiliki dana yang besar agar dapat sukses dalam mendirikan sebuah perusahaan.

Banyak yang salah mengartikan modal besar tentu menghasilkan keuntungan yang besar pula. Itu tentu adalah sebuah presepsi yang keliru. Point utama dalam menjalankan sebuah bisnis adalah konsisten dan kerja keras. Dengan modal yang kecil namun bila dijalankan dengan kesungguhan, tentu akan berbuah keberhasilan pula.

Kerja Keras tidak akan mengkhianati Hasil. Itu adalah moto dari para perintis dan pebisnis yang sukses dalam menjalankan usaha disaat ini, apakah kalian berniat juga menjalankan USAHA KECIL MENENGAH yang tentu saja tidaklah membutuhkan modal yang besar??

Hayo kita simak Penjelasan dan 15 PILIHAN USAHA KECIL MENENGAH YANG AKAN SUKSES dibawah ini bilamana disertai oleh kesungguhan dan Kerja Keras.

Namun Sebelum kita memasukin 15 pilihan yang telah DD ranggum dibawah nanti, sebaiknya kita melihat terlebih dahulu Defenisi UKM serta KELEBIHAN dan KEKURANGAN nya guna meminimalisir kegagalan dan kendala dikemudian hari.

 

 

Defenisi UKM ( USAHA KECIL MENENGAH )

Baca Juga : IDE BISNIS MODAL MINIM di MASA NEWNORMAL

Ada banyak pengertikan dari UKM baik itu yang ada disosial media maupun dibuku-buku yang membahas soal bisnis.

UKM ialah sebuah kegiatan Usaha dimana Proses Pendirian atau pembuatannya merupakan inisiatif individu atau personal. Namun kita tentu perlu memahami pengertian yang lebih luar terkait Usaha Kecil Menengah karenanya yuk kita scroll dan simak sampai selesai dibawah ini secara lebih lengkap dan terperinci.

 

Defenisi UKM Menurut Para Ahli

Banyak pakar juga mengutarakan pendapatnya tentang apa itu UKM sebenarnya. Meski berbeda, sebenarnya mereka sama. Berikut Pengertian UKM menurut para ahli:

 

  • Bapak Rudjito meyakini bahwa UKM, khususnya yang ada dalam perekonomian Indonesia, memiliki peran penting.
  • Ibu Ina Primiana mengungkapkan bahwa UKM merupakan empat penggerak utama perekonomian Indonesia. Ini termasuk manufaktur, agribisnis atau pertanian, perusahaan kelautan, termasuk sumber daya manusia atau sumber daya manusia.
  • Bapak M. Kwartono tidak mau kalah dengan arti UKM. Menurut dia, UKM merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat, dengan kekayaan bersih terbesar mencapai US $ 200 juta. Namun harus diingat bahwa tanah dan bangunan yang dijadikan tempat usaha tidak dipertimbangkan dalam kasus ini.

 

Pengertian (UKM) Usaha Kecil Menengah  dalam UU 20 tahun 2007

Aslinya didalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2007 mengatur tentang usaha mikro, kecil, dan menengah. Ketiga bagian ini memiliki arti masing-masing. Berikut ini adalah arti dari setiap istilah tersebut:

  • • Usaha mikro, yaitu badan usaha yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha tunggal, dengan omzet maksimal 300 juta.
  • • Bisnis kecil adalah perusahaan produksi yang dioperasikan secara mandiri oleh individu atau badan usaha dan dikelola oleh individu atau badan usaha. Namun, kepemilikan tidak dikendalikan oleh perusahaan menengah atau besar. Kalau omzetnya antara Rp 300 juta sampai Rp 2,5 miliar, bisa dikatakan usaha kecil-kecilan.
  • • Perusahaan menengah yang dimiliki oleh seorang individu, dan tidak ada hubungan kepemilikan antara perusahaan dan anak perusahaannya. Omzet perusahaan menengah ini berkisar antara Rp 2,5 miliar hingga Rp50 miliar.

Ciri-ciri dan kriteria dari UMKM menurut Undang-Undang

  1. Tingkat pendidikan sumber daya manusia perusahaan rendah.
  2. Sumber daya manusia (SDM) dalam bisnis belum berkualitas.
  3. Lokasi perusahaan masih di dalam negeri sendiri, dan kurang strategis.
  4. Bisnis yang beroperasi biasanya tidak memiliki izin usaha, NPWP dan legalitas.
  5. Modal diperoleh dari bukan bank, dan jika modal bisa diperoleh dari bank atau kreditor, akan lebih baik dan legal.
  6. Pekerjaan yang sedang dilakukan masih dalam kisaran kecil.
  7. Bisnis yang dijalankan tidak memiliki sistem manajemen yang lengkap, dan dari segi finansial tidak ada perbedaan antara yang privat dan mana yang bisnis.
  8. Pengelolaannya masih sangat sederhana.
  9. Jumlah pegawai atau jumlah pegawai boleh tetap 5 sampai 10 orang.
  10. Meski masih sangat sedikit, namun belum dimasukkan dalam impor dan ekspor.

USAHA KECIL MENENGAH (UKM) dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Segala Usaha tentulah memiliki kelebihan dan Kekurangan begitu pula dengan UKM yang tentulah mempunyai hal itu pula.

Dengan mengetahuil keunggulan dan kelemahan dalam bisnis ini, tentu kita lebih memahami dan mengerti bagaimana harus bertindak dan mengantisipasi segala kekurangan. Dan juga mempertahankan segala kelebihan.

 

Kekurangan Usaha Kecil Menengah ( UKM )

  1. Anggaran Terbatas

Salah satu ciri UKM adalah memulai dengan modal kecil. Hal ini menyebabkan biaya pengoperasian menjadi terbatas. Jika tidak pandai mengelola dana yang dimilikinya, pelaku usaha mungkin tidak dapat mengembangkan usahanya sendiri dan terancam bangkrut.

  1. Tenaga Ahli Minim

Untuk menjalankan bisnis secara profesional, dibutuhkan tenaga ahli yang memadai. Namun karena keterbatasan dana, UKM biasanya tidak memiliki ini. Akibatnya, hasil produksi tidak bisa optimal dan usaha sulit berkembang.

  1. Kapasitas Produksi Sedikit

Selain itu, karena tenaga kerja produksi yang terbatas, kapasitas produksi usaha kecil dan menengah biasanya tidak sebaik kapasitas produksi usaha besar. Hal ini mencegah pebisnis mengambil alih semua pesanan yang ada, terutama dalam kasus keuntungan skala besar.

KELEBIHAN USAHA KECIL MEMENGAH ( UKM )

  1. Mudah dalam Berinovasi

Usaha kecil dan menengah memiliki kesempatan untuk mengimplementasikan ide-ide baru dan unik. Pasalnya, sistem operasi bisnis tidak serumit perusahaan besar. Dengan ide-ide baru, para pebisnis bisa lebih mudah memasuki target pasar dan menarik calon konsumen.

  1. Dapat Lebih Fokus

Keuntungan lainnya adalah lebih fokus pada area yang sedang diolah. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis kuliner, Anda akan lebih dikenal karena Anda menjual produk utama Anda. Keunggulan lainnya adalah Anda bisa memiliki pelanggan setia.

  1. Gampang dimulai

Salah satu kelemahan perusahaan besar adalah membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun, tidak demikian halnya dengan UKM. Anda dapat memulai UKM dengan dana paling sedikit. Oleh karena itu, siapa pun dapat memiliki bisnis meskipun hasil awalnya tidak bagus.

 

USAHA KECIL MENENGAH yang akan sukses

Ada 15 Plilihan yang kami persiapkan bagi kalian yang ingin menjalankan Usaha Kecil menengah ditahun ini, dengan melihat dan memandang opsi dibawah ini kami mengharapkan kalian para pelaku usaha mengetahui bisnis apa yang akan kamu jalankan.

Penting mengetahui dan menentukan yang tepat, sebaiknya dalam memilih haruslah memiliki passion dibidangnya agar lebih mudah dalam merintis dan pengembangan.

Yokk kita lihat dibawah ini secara lengkap dan terperinci.

1. Skin Care dan Kosmetik

Perawatan kulit dan kosmetik kami jadikan sebagai pilihan pertama Anda untuk UKM. Pasalnya, industri perawatan kulit dan kosmetik Indonesia memiliki masa depan yang cerah.

Menurut laporan Kementerian Perindustrian, industri kosmetik tumbuh 20% di tahun 2017. Menurut laporan Kementerian Perindustrian, 95% industri kosmetik nasional didominasi oleh industri kecil dan menengah.

Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto (Airlangga Hartanto), target pasar saat ini bukan hanya wanita, tapi juga pria, dan kini menjadi pasar potensial bagi industri kosmetik dan perawatan kulit. Selain itu, tren penggunaan bahan alami semakin populer di kalangan konsumen kosmetik Indonesia.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memulai bisnis di perusahaan kecil dan menengah di bidang kosmetik dan perawatan kulit, pastikan juga untuk mempertimbangkan pria sebagai target pasar dan menggunakan bahan-bahan alami.

2. Usaha Pembuatan Bunga & Florist

Kegiatan merangkai bunga merupakan bagian tak terpisahkan dari berbagai acara khusus (seperti wisuda, ulang tahun, hari jadi, dan pernikahan). Dimungkinkan untuk memulai rangkaian usaha bunga dengan modal yang relatif kecil dan potensi keuntungan yang relatif besar.

Yosefine seorang pendiri Lanushky Bouguet contohnya, awalnya beliau memulai bisnis ini dengan modal hanya Rp 100.000. Ia mengembangkan bisnis toko bunga dengan modal awal Rp 100.000, omset bulanannya mencapai puluhan juta, dan total omzet tahunannya Rp 350 juta.

3. Usaha Kecil Menengah Minuman Kekinian

Minuman modern merupakan salah satu minuman yang banyak diminati di pasaran. Peningkatan penjualan Kekinian menjadi salah satu alasan mengapa bisnis ini menjadi contoh usaha kecil dan menengah yang menguntungkan.

Usaha ini bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil dan cocok untuk wirausaha-wirausaha yang ingin merintis. Namun dikarenakan saat ini cukup banyak pengusaha yang terjun ke industri ini, persaingan bisnis di industri ini sangat ketat.

Agar dapat bersaing dengan bisnis yang sudah ada ini, Anda harus mendapatkan keunggulan kompetitif berupa produk lain atau keunggulan operasional, seperti efisiensi dan biaya operasional yang rendah.

4. Usaha Pembuatan Tas

Bisnis tas handmade merupakan salah satu UKM paling maju dan potensial di Indonesia. Banyak UKM yang terlibat dalam bisnis ini telah mencapai kesuksesan yang cukup besar dalam menarik pasar domestik bahkan pasar ekspor.

Memulai bisnis tas tangan juga bisa dilakukan dengan modal kecil. Pada tahap awal, Anda bisa mulai membeli bahan yang Anda butuhkan dengan modal satu hingga lima juta, lalu menjahit bahan tersebut untuk dijual melalui media sosial atau pasar online Anda.

Meski bermodal kecil, bisnis tas tangan tetap penuh harapan. Pasalnya, kerajinan kreatif dan unik ini memiliki margin keuntungan yang tinggi dan dapat diekspor untuk memperoleh nilai jual yang lebih tinggi. Oleh karena itu, bisnis tas handmade merupakan contoh bisnis bagi usaha kecil dan menengah.

5. Usaha Kecil Menengah Pembuatan Sepatu

Industri alas kaki memiliki pasar dan peluang, terutama sepatu untuk kaum muda. Perusahaan sepatu yang menyasar anak muda memiliki peluang perkembangan yang luas, karena banyak anak muda yang menginginkan fashion dan cenderung membeli produk ini.

Oleh karena itu, bisnis sepatu merupakan contoh bisnis UKM yang menjanjikan. Jika Anda mempunyai ide dan konsep yang menarik untuk menghasilkan sepatu yang nyaman dan bergaya, maka bisnis sepatu adalah pilihan Anda.

6. Usaha Penjualan Bubur Ayam

Usaha bubur ayam merupakan salah satu usaha kecil yang dapat dimulai dengan modal yang kecil, namun potensi keuntungannya tidak bisa dianggap remeh. Anda bisa memulai bisnis bubur ayam dengan menggunakan mobil bekas atau etalase toko sederhana dan peralatan memasak sederhana (seperti kompor, panci besar, dll).

Banyak pengusaha kecil dan menengah yang sukses di bisnis bubur ayam, misalnya contoh usaha Kecil menengah bubur ayam palapa pasar minggu yang bisa terjual 600 mangkok sehari dan untung bersih hampir Rp. . 1 juta per hari. Ada juga Bubur Ayam Abah Odil yang diawali dengan gerobak belanja dan memiliki 5 cabang dengan omzet hingga Rp 1 Miliar, angka yang fastis dalam sebuah UKM bukan

7. Usaha Mainan Kayu

Mainan kayu lebih baik dari mainan plastik yang mudah rusak dan memiliki masa pakai lebih lama. Mainan kayu tidak hanya lebih aman karena bahan alaminya, dan memiliki sentuhan unik. Bisnis mainan kayu sendiri merupakan salah satu usaha UKM yang sudah merambah pasar ekspor.

Dodi Mustafa, seorang pendiri dan pemilik Jamooga, merupakan contoh pengusaha kecil dan menengah yang sukses terjun di bisnis ini. Jamooga merupakan produk mainan kayu unik yang polanya dapat diubah sesuai kebutuhan. Dodi Mustafa mengembangkan usahanya sendiri dari modal Rp. Omset 60 juta perusahaan mencapai Rp. 40 juta per bulan.

8. Bisnis Budidaya Jamur

Jamur kini semakin banyak digunakan sebagai bahan memasak untuk keperluan rumah tangga dan keperluan memasak, bahkan jenis jamur tertentu memiliki pasar ekspor yang cukup besar. Oleh karena itu, usaha budidaya jamur memiliki prospek yang luas.

Di sisi lain, dibandingkan dengan industri budidaya ikan, industri jamur relatif tidak terlalu sulit, sedangkan industri budidaya ikan gagal panen, biaya pakan tambahan dan kebutuhan modal lebih kecil risikonya. Usaha jamur cocok untuk anak muda yang tinggal di pedesaan atau kota kecil dengan kelembaban atau cuaca yang baik.

9. Usaha Baju Bayi dan Anak

Tahukah Anda bahwa 4,9 juta bayi lahir di Indonesia setiap tahun? Tingginya angka kelahiran bayi di Indonesia dan banyaknya anak di bawah usia 10 tahun menjadikan bisnis pakaian bayi dan anak-anak sebagai contoh yang menjanjikan bagi Usaha Kecil Menengah.

Hal ini disebabkan oleh permintaan pasar yang kuat, ukuran pasar yang terus berkembang dan karakteristik dari seluruh masyarakat yang ingin menyediakan pakaian yang baik untuk bayi dan anak.

10. Usaha Jajanan Ringan

Bisnis memasak Indonesia tidak pernah pudar, seperti bisnis pengemasan makanan ringan. Bisnis ini terus berkembang, dan selalu ada ruang untuk wirausahawan yang giat dan pekerja keras.

Bisnis ini merupakan salah satu peluang bisnis memasak yang kurang bermodal. Sejumlah modal juga cukup untuk membeli bahan baku awal dan bahan yang digunakan untuk membuat kemasan plastik.

Setelah berhasil menjual produk awal, Anda bisa mengembangkan bisnis ini dengan menginvestasikan kembali keuntungan Anda. Atau, Anda bisa mencari partner untuk meningkatkan produksi. Fakta membuktikan bahwa bisnis ini memiliki peluang bagus di antara banyak pengusaha sukses.

11. Usaha Aksesoris Trending

Aksesoris fashion sederhana seperti kalung, bros, gelang, bandana, kaos kaki dan lain-lain merupakan salah satu segmen pasar terbesar dan memiliki peluang yang bagus.

Bisnis aksesoris fashion memiliki permintaan pasar yang sangat besar dan didukung oleh perubahan selera wanita Indonesia yang semakin ingin tampil modis dan menarik.

Anda bisa memulai bisnis aksesoris rumah dengan modal yang sangat sedikit. Sekalipun modal awal kecil, keuntungan yang bisa dihasilkan bisnis ini tidak bisa dianggap remeh.

 

12. Usaha Cafe Sederhana

Memulai dan mengelola bisnis kafe tidaklah mudah, dan hanya minum secangkir kopi atau kue yang enak tidak akan berhasil. Keberhasilan bisnis kedai kopi sangat bergantung pada kreativitas dan visi kedai kopi.

Selain memiliki kemampuan komunikasi dan kreativitas yang baik, hal ini juga akan sangat membantu. Jika Anda memiliki ciri-ciri tersebut, maka memulai bisnis kedai kopi mungkin bisa menjadi beberapa ide bisnis Anda.

Baca juga : Metode Bisnis Model Canvas

13. Bisnis Budidaya Ikan

Usaha budidaya ikan merupakan salah satu bidang usaha kecil dan menengah yang terus berkembang setiap tahun. Peningkatan konsumsi ikan di seluruh dunia mendukung hal ini.

Anda bisa membiakkan ikan populer untuk dimakan, seperti lele, cupang, gurami, dan ikan mas. Semua yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini adalah tempat yang cukup luas, kolam ikan dan pemahaman yang mendalam tentang seluk beluk budidaya ikan.

14. Usaha Katering

Apakah ada rumah kos, apartemen atau kantor di dekat rumah Anda? Jika iya, salah satu dari sejuta modal bisnis yang bisa Anda mulai adalah bisnis catering harian.
Anda hanya membutuhkan sedikit uang untuk menggunakan dapur, bahan masakan, brosur, dan ketekunan Anda sendiri untuk mencari pelanggan untuk memulai bisnis ini.

Jika Anda suka memasak dan bisa menyediakan makanan yang enak, maka bisnis jasa catering harian bisa jadi peluang memasak yang menjanjikan. Selain tidak membutuhkan modal yang besar, bisnis jasa boga harian juga memiliki potensi yang besar, dan bisa Anda kembangkan menjadi event catering.

15. Usaha Marchendise

Jika Anda kreatif dan suka membuat segala sesuatu menjadi unik, seperti membuat lukisan kertas, melukis sepatu kanvas, membuat jam dinding unik, jaket lukis atau scrapbook, maka salah satu contoh menguntungkan dari usaha kecil menengah yang bisa Anda jalankan adalah unik Bisnis hadiah.

Bisnis hadiah unik ini memiliki modal awal yang kecil dan margin keuntungan yang tinggi. Dibandingkan harga jualnya, biaya bahan baku produk souvenir unik biasanya relatif murah, sehingga bisnis ini sangat menjanjikan.

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Tips Usaha Toko Kelontong Sebagai Bisnis Kecil Menengah

Table of Contents Tips Usaha Toko Kelontong Sebagai Bisnis Kecil MenengahKEUNGGULAN DAN…

Tips Bisnis Jasa Cleaning Service agar sukses

Table of Contents Tips Bisnis Jasa Cleaning Service untuk Menarik PelangganBisnis Jasa…

15 Cara Bisnis Properti Dari Awal Tanpa Modal

Table of Contents Cara Bisnis Properti Dari Awal Tanpa Modal Pasti SuksesStart…

3 Taktik Jitu Bisnis Yang Harus diTerapkan

3 Taktik Jitu Bisnis Yang Harus diTerapkan Taktik Jitu Bisnis – Apakah…