10 Cara Mengatur Keuangan Bagi Keluarga Mandiri

10 Cara Mengatur Keuangan Bagi Keluarga Mandiri

Cara Mengatur Keuangan bagi Semua Keluarga mandiri mutlak dibutuhkan ntah itu bulanan, maupun harian. Dalam rumah tangga diperlukan pengaturan yang tepat agar tidak boros dalam memakai penghasilan dan gaji untuk pribadi remaja atau mahasiswa terkhususnya di masa sulit.

Dengan mengetahui cara management keuangan yang baik dan benar, tentu kamu akan terhindar dari kekurangan uang dihari kedepan apalagi di masa sulit pandemik saat ini. Dengan membuat sistem bulanan dan harian yang tepat, meskipun dana minim akan lebih mudah dalam mengatur dalam keluarga.

Apakah kamu salah satu yang ingin mengetahui cara dan teknik yang tepat? Yuk kita lihat saja selengkapnya dibawah ini :

 

  1. Pengaturan Penghasilan dengan Sistem 50-20-30

Cara mengatur keuangan pada item ini memang sangat sederhana, namun belum banyak yang tahu. Oleh karena itu, gunakan sistem pengaturan anggaran 50-20-30. apa itu? 50% dari gaji atau pendapatan yang Anda terima setiap bulan digunakan untuk biaya hidup sehari-hari, seperti transportasi, makan, penyewaan, air, listrik, dan pulsa termasuk tagihan kartu kredit.

Selanjutnya, sisihkan 20% gaji Anda untuk tabungan dan investasi. Anda harus mengalokasikan dana untuk dana darurat, misalnya saat Anda sakit, motor mogok, atau kecelakaan lainnya. Jangan lupa untuk menggunakannya untuk berinvestasi di dana pensiun atau sarana investasi lainnya. Uang ini tidak bisa dikompetisikan.

Pada saat yang sama, sisa 30% dari gaji Anda digunakan untuk hiburan, liburan, belanja atau membeli barang-barang yang dibutuhkan. Jika menurut Anda alokasi anggaran ini terlalu besar, Anda bisa mengurangi alokasi anggaran tersebut. Anda sebenarnya dapat melakukan penyesuaian berdasarkan prinsip 50-20-30.

 

  1. Membuat Budgeting Dalam Skala Bulanan,Mingguan dan Harian

Meski tampak sederhana, pada kenyataannya tidak banyak orang yang benar-benar membuat anggaran untuk memperbaiki keadaan keuangannya.

Coba terapkan fitur ini untuk menyesuaikan anggaran belanja Anda. Misalnya, jika gaji tahunan Anda 5 juta rupiah dan Anda ingin menabung 1 juta rupiah per bulan, maka Anda dapat menggunakan 3 juta rupiah lagi untuk membayar biaya hidup, misalnya:

  • Biaya Konsumsi dalam satu bulan: Rp 1 juta
  • Biaya kredit internet: Rp 50.000
  • Kebutuhan sehari-hari (pasta gigi, pembersih wajah dan keperluan lainnya): Rp 350.000
  • Bensin: Rp. 300000
  • Dana darurat: Rp 350.000
  • Pembayaran angsuran: Rp 1 juta
  • Tak terduga 1 juta

Kalau sudah dirinci, apakah lebih mudah mengontrol aliran dana?

 

  1. Bijaksana Penggunaan Kartu Kredit

Meskipun Anda sedang mengelola keuangan, Anda tidak perlu menutup kartu kredit Anda. Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk menyelesaikan masalah pinjaman dengan bijak. Semakin lama umur kartu kredit, akurasi pembayaran cicilan akan tercatat dalam nilai kredit Anda. Mematikan kartu kredit tentunya akan merusak skor kredit Anda. Jika limit kartu kredit Anda tidak tinggi, abaikan saja karena Anda dapat menggunakannya untuk kebutuhan yang mendesak.

 

  1. Jangan Belanja Berlebih

Cara mengatur keuangan yang tepat akan membuat kamu menjadi bersedih saat tanggal lama tiba, cobalah untuk mengontrol diri agar tidak mengeluarkan uang berlebihan saat menerima gaji di awal bulan.

Berikan prioritas pada kebutuhan dan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya membeli untuk memuaskan keinginan Anda, jangan lakukan itu.

Membuang-buang uang untuk membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan bukanlah pilihan yang bijak untuk Anda.

Seperti kata pepatah: “Jika Anda menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak Anda butuhkan, Anda akan menjual apa yang Anda butuhkan di masa depan.“ Jika Anda tidak ingin kehabisan uang di akhir bulan, belanjalah dengan bijak.

 

  1. Memakai Produk Asuransi

Jangan salah, beberapa polis asuransi jiwa saat ini menawarkan pilihan manfaat yang dipercepat. Manfaat atau manfaat kematian dapat dibayarkan selama tertanggung masih hidup. Misalnya, saat Anda membeli asuransi untuk ibu berusia 75 tahun, Anda dapat mengajukan klaim asuransi untuk biaya perawatan ibu saat Anda sakit. Nantinya, perusahaan asuransi akan mengurangi biaya pengobatan yang dibayarkan.

Jika ibumu meninggal, sisa saldo akan dibayarkan kepadamu. Asuransi jiwa dapat digunakan untuk menggantikan sumber pendapatan pasangan yang masih hidup, memberikan asuransi bagi ahli waris, mengganti nilai aset, memaksimalkan dana pensiun, serta memberikan uang sekolah dan tunjangan lainnya bagi anak dan cucu.

 

  1. Menegosiasi Bunga Pinjaman

cara mengatur keuangan yang berikutnya ialah Menegosiasi Bunga Pinjaman. Siapa bilang bunga pinjaman tidak bisa dialihkan? Sederhana saja, pergi saja ke bank untuk membahasnya. Anda dapat berbicara tentang bunga dan persyaratan pinjaman. Tujuannya bukan untuk mengganggu situasi keuangan Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, tidak semua pendapatan hanya dibayar dengan cara mencicil.

 

  1. Proyeksikan diri pada Umur 70 Tahun

Saat ini, Anda masih dalam rentang usia milenial 20 hingga 30 tahun. Tapi, bayangkan Anda berusia 70 tahun. Apakah Anda masih ingin mencari uang dan bekerja atau Anda ingin tinggal bersama anak dan cucu Anda? Jika Anda tidak ingin kehidupan pensiun Anda menderita tanpa persiapan keuangan yang memadai, maka tentunya Anda harus mulai mempertimbangkan tabungan pensiun ketika Anda masih muda.

Bayangkan ketika Anda berusia 80 tahun, Anda sudah memiliki rumah dan kendaraan, menyekolahkan anak Anda hingga lulus sekolah, seluruh keluarga Anda diasuransikan, dan ada bisnis yang mendukung para lansia. Cantik bukan? Untuk mencapai semua ini, Anda perlu mengelola keuangan Anda dengan tepat ketika Anda masih muda. Tentu saja, Anda tidak harus mengorbankan gaya hidup Anda.

 

  1. Mempersiapkan Dana Hari Tua

Di usia pensiun, tidak banyak orang yang mempertimbangkan dana pensiun. Rata-rata mereka percaya bahwa uang yang mereka hasilkan hanya dapat memenuhi kebutuhan mereka saat ini.

dengan mempersiapkan cara mengatur keuangan yang tepat, Bahkan jika harus menyiapkan dana pensiun atau tabungan. Tempat di mana Anda akan tumbuh dan tidak lagi terlibat dalam pekerjaan yang efisien. Anda dapat menyisihkan 10% dari gaji bulanan Anda sebagai simpanan pensiun.

 

  1. Menyisihkan Dana Darurat

Selain itu, menyiapkan dana darurat dapat dimasukkan dalam rencana Anda untuk mengelola keuangan di tahun 2020. Anda akan merasakan manfaat menyiapkan dana darurat ketika terjadi sesuatu yang membutuhkan donasi cepat.

Banyak penasihat keuangan yang mengatakan bahwa jika Anda ingin menginvestasikan banyak uang, pastikan Anda memiliki tabungan untuk bertahan setidaknya 6 bulan ke depan. Tips lain yang masih terkait dengan dana lain adalah menentukan batas bawah tabungan.

Misalnya, Anda menetapkan batas bawah untuk menyimpan Rp 100.000. Oleh karena itu, bila jumlah nosional tabungan Anda kurang dari Rp 100.000, maka dapat dikatakan Anda berhutang. Bahkan jika Anda berutang pada diri sendiri, yang terbaik adalah segera melunasinya.

cara mengatur keuangan yang terpenting berikutnya ialah jangan mencoba menggunakan dana darurat untuk keperluan yang tidak penting dan mendesak.

Baca Juga : PILIHAN USAHA KECIL MENENGAH

  1. Mencari Penghasilan Tambahan

Jika Anda memotong banyak biaya tetapi masih belum berdampak signifikan pada penghematan gaji, mungkin cara lain adalah mencari penghasilan tambahan.

Jika Anda punya cukup waktu dan tenaga, Anda bisa menerapkan cara ini. Jangan biarkan diri Anda pergi untuk mendapatkan penghasilan lebih, karena pekerjaan Anda pada pekerjaan utama Anda tidak akan mencapai kondisi terbaik.

 

PENUTUP

Dengan mengetahui teknik dan cara pengaturan yang tepat, kamu akan lebih matang dalam mempersiapkan keuangan keluarga dalam mengatur skala bulanan, harian, maupun mingguan dimasa sulit. Bagi mahasiswa dan pribadi remaja, cara mengatur yang tepat perihal keuangan sangat diperlukan agar tidak boros kedepannya.

Tips diatas juga dapat diterapkan untuk usaha kecil maupun menengah yang ingin menjalankan bisnisnya. Semoga artikel diatas 10 Cara mengatur keuangan bagi keluarga mandiri bermanfaat dan silahkan bagikan kepada teman atau kerabat yang membutuhkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Point Penting Menjalankan Bisnis Yang Sukses

Menjalankan Bisnis Yang Sukses – Pernahkah Anda membayangkan bagaimana rasanya menjalani impian…

Cara Bisnis Jual Pulsa Paling Menarik

Bisnis Jual Pulsa secara online telah digeluti banyak masyarakat dalam segala lapisan,…

Bisnis Online Paling Menjanjikan diMasa NewNormal

Bisnis online semakin digandrungi dan paling menjanjikan bagi masyarakat terutama didalam masa…

Peluang bisnis Technology masa depan yang menjanjikan

Bisnis Technology masa depan masih menjadi sesuatu yang menarik untuk diperdebatkan dan…